Pages

Minggu, 15 September 2013

Gakuran VS Blazer


Seorang pelajar dapat dengan mudah dikenali dari seragam sekolah yang dikenakannya . Bila di negara kita seragam SMA identik dengan warna putih abu-abu ,seragam sekolah di jepang justru ada beragam model dan warna yang berbeda-beda antara satu sekolah dengan sekolah yang lainnya .Perbedaan model dan gaya itu bahkan menjadi suatu trend fashion.
School uniform become a fashion trend
Sejarah perkembangan seragam [seifuku] di jepang dimulai pada tahun 1882 di mana Departemen Pendidikan dan kebudayaan menetapkan pemakaian seragam bagi seluruh pelajar di jepang.Seragam murid perempuan dikenal dengan sebutan sailor seifuku sedangkan seragam murid laki-laki dikenal dengan sebutan gakuran atau tsume-eri .Di jepang pemakaian seragam berlaku bagi murid SMP dan SMA.Seragam tersebut awalnya didesain mirip dengan pola seragam militer pada periode meiji,namun dimodifikasi dengan model seragam pelaut eropa,sailor seifuku biasanya terdiri dari blus putih ,dasi,blazer,rompi dan rok,sedangkan gakuran terdiri dari atasan putih ,dasi blazer,rompi dan celana panjang.Cakupan seragam ini cukup luas ,karena itu rubrik kali ini hanya akan dibahas lebih lanjut mengenai gakuran .
Gakuran berasal dari kata gaku(pelajar/murid) dan ran(negara barat),yang kira-kira arti harafiahnya adalah sebuah seragam murid negara barat .pada tahun 1886 Universitas Tokyo mulai memberlakukan pemakaian seragam gakuran leher tegak dengan kancing warna emas,gakuran umumnya berwarna ,mulai dari atasan ,celana hingga ikat pinggang ,sedangkan sepatu nya bisa berupa loafers atau sneakers.Kadang ditambahkan aksesoris berupa badge sekolah atau pin di bagian kerah .seragam model ini terus bertahan sampai 1960-an ,Sebelum kemudian dikembangkan dengan topi sekolah .tahun 1970-an sekolah-sekolah mulai membebaskan para pelajarnya dari pemakain seragam dan gantinya mereka boleh memakai pakaian bebas .satu dekade kemudian mulai dikembangkan seragam dengan berbagai model dan warna yang terlihat stylish dan eye catching.
Seragam tersebut semakin populer berkembang pada tahun 1990-an banyak desainer yang merancang berbagai model seragam mengikuti trend .pada pertengahan tahun 1990-an ,seragam yang terkenal adalah seragam bergaya amerika(blazer)memasuki tahun2000-an seragam british booming di jepang.
Gakuran

1.Seragam yang umumnya berwarna hitam.gakuran    bisa terlihat lebih cute sekaligus menampilkan sisi wild dengan penggunaan aksesoris di bahu.
2.Berkerah tegak yang hampir seluruh permukaanya menutupi leher .Di bagian ujung lengan lebih pendek dari kemeja dapat terlihat.
3.Baju gakuran tidak hanya berupa kemeja tapi bisa juga t-shirt atau kaos dengan warna bebas namun padanan yang paling kontras adalah kemeja putih.
4.penggunaan kancing hingga seluruh tubuh.
5.gakuran punya nilai plus karena tidak mudah terlihat kotor,warna hitamnya memberikan kesan misterius dan cool,gakuran paling pas dengan padanan kancing berwarna emas.



BLAZER
1.Pada seragam blazer,warna bahan menjadi daya tarik utama ,dasi merupakan item yang paling penting.
2.bagian bawah kemeja pada blazer sebaiknya dimasukkan agar kelihatan rapi ,terutama saat blazer tidak di kancing.
3.Baju dalaman blazer yang paling pas adalah kemeja putih karena karena kemeja putih matching dengan warna apapun.
4.Seragam blazer hanya menggunakan 1-3 kancing bawah dada ,untuk memberikan kesan elegan.
5.Seragam blazer harus dipadukan dengan kemeja dan dasi yang satu kesatuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar